OJK Tertibkan Aplikasi Fintech di Google Play - Selular.ID


via Sumber Pos March 13, 2018 at 02:30PM

OJK Tertibkan Aplikasi Fintech di Google Play - Selular.ID

Jakarta, Selular.ID – Saat ini terdapat banyak aplikasi keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) di Google Play yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui Satgas Waspada Investasi, OJK pun bakal menertibkannya.
Dalam Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi wajib melakukan pendaftaran dan perizinan kepada OJK.
Menurut dokumen yang diterima Selular, OJK sudah menyurati para penyelenggara pemberi pinjaman uang berbasis teknologi informasi ini. OJK meminta para penyelenggara tersebut untuk mendaftarkan layanannya kepada OJK.
Ada sebanyak 37 entitas pengembang sesuai informasi di Google Play atau sekitar 58 aplikasi yang telah dikirimi surat oleh OJK untuk segera mendaftarkan layanannya. Diantaranya ada CheetahMarket dengan aplikasi TokoTunai-nya, PT Bank Dana Cash yang memiliki aplikasi Pinjam Cash Cepat, Webeye Fintech Hongkong (Pasar Rupiah), Qreditku Co Ltd (Qreditku).
OJK memberikan batas waktu kepada para penyelenggara layanan tersebut untuk mendaftarkan layanannya ke OJK hingga tanggal 5 Maret 2018.
Sebelum mendapatkan izin pendaftaran dari OJK, seluruh perusahaan penyelenggara pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dilarang melakukan kegiatan usaha, menghentikan kegiatan usaha dan menghapus aplikasi atau layanan pada media sosial atau media elektroniknya.
Dalam surat tersebut juga disebutkan apabila sampai dengan tanggal 5 Maret 2018 belum dilakukan pendaftaran di OJK, maka Satgas Waspada Investasi akan membuat pengumuman kepada masyarakat dan menyerahkan penanganan perusahaan tersebut kepada pihak Kepolisian RI.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan dari OJK perusahaan mana saja yang sudah mendaftarkan layanannya kepada OJK hingga batas waktu yang ditentukan tersebut.
Dari penelusuran Selular, aplikasi milik CheetahMarket dan beberapa aplikasi lainnya sudah tidak ada lagi di Google Play. Beberapa aplikasi yang masih ada adalah Uang Cepat, Raja Uang dan Pasar Rupiah. Belum dapat disimpulkan apakah aplikasi yang sudah tidak ada lagi di Google Play berarti belum mendapatkan izin pendaftaran dari OJK dan juga sebaliknya apakah aplikasi yang masih ada berarti sudah mendapatkan izin pendaftaran dari OJK.
Berikut ini daftar pengembang dan aplikasi yang disurati oleh OJK
No Entitas Pengembang Nama Aplikasi
(Sesuai Informasi di Google Play)  
1 Cash Express Angel Cash
2 PT Dana Pinjaman Inklusif Pinjaman Go
3 Uang Cepat Uang Cepat
4 PT Sayap Utama Teknologi/ Raja Uang Dev+ RajaUang
5 PT Tangbull Finance Indonesia (Tangbull) TangBull
   
kta.id.co (Tangbull)
RupiahQ
    Pinjam Rp
    Pinjam Cash
  Cashinid (Tangbull) DanaTeman
    CashRupiah
    DanaDana
6 IPO Group Technology rupiahzone
    Sakuemas
    kamirupiah
7 AGT Media kredit cepaat
8 PT Indonesia Fintopia Technology/ Easycash Indonesia Easycash
9 WeCash Asia Group WeCash
10 Micro Finance Co. Ltd Uang Banyak
11 PT Angsuranku Teknologi Indonesia Angsuranku
12 PT Kanal Koneksi Nusantara MasBro
13 Doctor Dana Limited DokterUang
14 PT Bank Daerah Sejahtera Cash Tunaiku
15 PT Kredit Mega Reksa Kredit Ku
    Tunai Kita
    KTA Kilat
    Dana Rupiah
    Uang Tunaiku
    Rupiah Ku
    Go Cash
    Pinjam Rp
    Pinjaman Rp
    Dana Cepat
    Pinjam Uang
    Cash Mudah
    Kredit Pintar
16 PT Bank Dana Cash Pinjam Cash Cepat
17 Pluosi UangBox
18 APM8 CAshCepat
19 PT Kuaikuai Tech Indonesia Pinjam Yuk
20 Webeye Fintech, Hongkong Pasar Rupiah
21 Wiliam.Z Kascepat (Beta)
22 kartuserba KartuOne
23 Dicicilaja.com Dicicilaja
24 Dajing Inc GoTunai
25 EasyLoan Indonesia Direct Loan Hub
26 CheetahMarket TokoTunai
27 Finlabtech Pte Ltd BosPinjaman
28 PT Pinjaman Rp Technology Indonesia Pinjaman Rp
29 Qreditku Co Ltd Qreditku
30 PT Layanan Keuangan Berbagi Dana Rupiah
31 PT Mandiri Dana Cepat Cair RupiahCash
32 PT Weshare Technology Indonesia KreditMart
33 PT Matahari Makmur Abadi Pinjaman Tunai
34 RupiahCash++ RupiahCash++
35 Indodana Indodana
36 Infinito Pte Ltd Doctor Rupiah
37 TigBit Studio Kredit Pinjaman Tepat

Komentar

Amisha mengatakan…

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut
charity white mengatakan…
Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek